Jenis masalah:
§ Masalah
soal cerita (word problem)
§ Masalah
dalam bentuk simbol (symbolic form)
§ Masalah
non rutin (puzzle dan logika)
§ Masalah
dalam dunia nyata (real world problem)
§ Masalah
investigasi (investigative problem)
Pentingnya pembelajaran kemampuan pemecahan masalah:
§ Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah secara kreatif dan efektif
§ Menstimulasi
siswa agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan merencanakan strategi
pemecahan masalah dalam situasi yang baru dan belum pernah dihadapi sebelumnya
§ Mengembangkan,
memperkuat, meningkatkan dan memperluas konsep matematika dan kemampuan
berpikir siswa
§ Membantu
siswa untuk lebih terlibat dalam suatu pekerjaan yang memerlukan kreativitas
dan imajinasi yang dapat ditumbuhkan dari ide-ide matematis
Cara meningkatkan kemampuan pemecahan masalah:
§ Memulai
dari masalah yang sederhana
§ Memberikan
masalah berupa open-ended problem dan
investigasi
§ Menggunakan
sebanyak mungkin strategi pemecahan masalah yang relevan
§ Mencari
kesesuaian antara kemampuan berpikir dan strategi pemecahan masalah
§ Memberikan
kesempatan yang cukup untuk memformulasikan dan memecahkan masalah, kemudian
mencoba untuk menyelesaikan dengan cara lain
§ Menggunakan
pemodelan untuk menjelaskan dan menganalisis proses berpikir
§ Memberikan
kesempatan untuk merefleksikan dan mengklarifikasi serta melihat kembalikemungkinan lain, mengatakan dengan bahasa sendiri dan mencoba untuk mencari
strategi pemecahan masalah yang lebih baik
§ Memperbolehkan
untuk berekspresi dengan maksud untuk memperkuat konseptualisasi dan
pengembangan dari kebiasaan berpikir kritis
Ciri-ciri pemecah masalah yang baik:
§ Mampu
mengerti konsep dan istilah matematika
§ Mampu
mengetahui persamaan, perbedaan dan analogi
§ Mampu
untuk mengidentifikasi elemen terpenting dan memilih prosedur yang benar
§ Mampu
mengetahui hal yang tidak berkaitan
§ Mampu
menaksir dan menganalisis
§ Mampu
memvisualisasikan dan menginterpretasikan kuantitas atau ruang
§ Mampu
untuk membuat perumuman berdasarkan beberapa contoh
§ Mampu
untuk berganti metode dan strategi yang telah diketahui
§ Mempunyai
kepercayaan diri yang cukup dan merasa senang terhadap materinya
Kemampuan berpikir:
§ Mengklasifikasikan
§ Membandingkan
§ Mengurutkan
§ Menganalisis
secara bagian dan secara keseluruhan
§ Mengidentifikasi
pola dan hubungan
§ Induktif
§ Deduktif
§ Visualisasi
spasial
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !