Headlines News : Refleksi Filsafat Ilmu,,@ KULIAH S-2 Q... ^^

WELCOME TO MY BLOG

NEVER LOSE HOPE..
YOU NEVER KNOW WHAT TOMORROW MAY BRING...
SEMANGAT...!!!



Home » » Bapak Aljabar..

Bapak Aljabar..

Written By mathematicssss.blogspot.com on Kamis, 20 Juni 2013 | 23.48

Siapa sich yang ada digambar itu??????????
Kok ga artis Korea aja sich yang dipasang????
Eiit... jgn salah... gambar disamping lebih terkenal dari artis korea looohh.. ;) :)
Materi Aljabar............
Yupppzzz...bagi sebagian siswa SMP dianggap sebagai materi yang sangat sulit khususnya kelas VII. Karena pada materi ini siswa dihadapkan untuk mampu menggunakan dan menerapkan simbol - simbol matematika dalam memecahkan permasalahan matematika. Tak jarang kita menemukan siswa bertanya,, kenapa sich harus mempelajari aljabar??  
Jangan salah,,Aljabar itu sangat penting untuk dipelajari n tentunya sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut,,khususnya bagi kalian - kalian pecinta matematika...
Supaya  kalian lebih akrab dengan aljabar,,, ada baiknya kalian kenalan dulu dengan penemunya.. just look at the figure yach...^^

             Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī,,,adalah seorang ahli matematika,astronomi, astrologi, dan geografi yang lahir di Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850 di Baghdad. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad.
Buku pertamanya, al-Jabar , adalah buku pertama yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat . Sehingga ia disebut sebagai Bapak Aljabar .
Kontribusi beliau tak hanya berdampak besar pada matematika, tapi juga dalam kebahasaan. Kata Aljabar berasal dari kata al-Jabr, satu dari dua operasi dalam matematika untuk menyelesaikan notasi kuadrat, yang tercantum dalam buku beliau. Kata logarisme dan logaritma diambil dari kata Algorismi, Latinisasi dari nama beliau. Nama beliau juga di serap dalam bahasa Spanyol Guarismo dan dalam bahasa Portugis, Algarismo yang berarti digit.

             Al-Kitāb al-mukhtaṣar fī ḥisāb al-jabr wa-l-muqābala (Arab: الكتاب المختصر في حساب الجبر والمقابلة atau Kitab yang Merangkum Perhitungan Pelengkapan dan Penyeimbangan) adalah buku matematika yang ditulis pada tahun 830. Kitab ini merangkum definisi aljabar. Terjemahan ke dalam bahasa Latin dikenal sebagai Liber algebrae et almucabala oleh Robert dari Chester (Segovia, 1145) dan juga oleh Gerardus dari Cremona.
Dalam kitab tersebut diberikan penyelesaian persamaan linear dan kuadrat dengan menyederhanakan persamaan menjadi salah satu dari enam bentuk standar (di sini b dan c adalah bilangan bulat positif)
  • kuadrat sama dengan akar (ax2 = bx)
  • kuadrat sama dengan bilangan konstanta (ax2 = c)
  • akar sama dengan konstanta (bx = c)
  • kuadrat dan akar sama dengan konstanta (ax2 + bx = c)
  • kuadrat dan konstanta sama dengan akar (ax2 + c = bx)
  • konstanta dan akar sama dengan kuadrat (bx + c = ax2)
dengan membagi koefisien dari kuadrat dan menggunakan dua operasi: al-jabr ( الجبر ) atau pemulihan atau pelengkapan) dan al-muqābala (penyetimbangan). Al-jabr adalah proses memindahkan unit negatif, akar dan kuadrat dari notasi dengan menggunakan nilai yang sama di kedua sisi. Contohnya, x2 = 40x - 4x2 disederhanakan menjadi 5x2 = 40x. Al-muqābala adalah proses memberikan kuantitas dari tipe yang sama ke sisi notasi. Contohnya, x2 + 14 = x + 5 disederhanakan ke x2 + 9 = x.

Nah... setelah mengetahui cerita singkat tentang aljabar,, ayooo kita belajar tentang aljabar...
khusus bagi siswa"q di kelas 7,, kalian  akan mempelajari materi ini di semester 1 dan bagi siswa"q di kelas 8,, kalian akan bertemu lagi dg materi ini di awal semester ganjil dan tentunya dengan topik" yang lebih menarik n menantang untuk dipecahkan...^^

Selamat Belajar... ^^

Sumber : wikipedia.org

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Arsip Blog

 
Created © 2009. Daisy Yani - All Rights Reserved
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA..HAVE A NICE DAY...^^