Headlines News : Refleksi Filsafat Ilmu,,@ KULIAH S-2 Q... ^^

WELCOME TO MY BLOG

NEVER LOSE HOPE..
YOU NEVER KNOW WHAT TOMORROW MAY BRING...
SEMANGAT...!!!



Home » » Refleksi Filsafat ilmu 2

Refleksi Filsafat ilmu 2

Written By mathematicssss.blogspot.com on Minggu, 09 Maret 2014 | 04.27





MEMBANGUN KARAKTER POSITIF DITENGAH BERKEMBANGNYA
PENGARUH POST POST MODERN
                                                                    REFLEKSI      
KULIAH        : FILSAFAT ILMU
DOSEN          : BP. PROF. DR MARSIGIT, M.A.
HARI / TGL   : SELASA , 4 MARET 2014

Bersumber dari perkuliahan filsafat ilmu tanggal 4 Maret 2014 oleh Prof. Marsigit, bahwa pengaruh merupakan kombinasi antara daya berpikir dan kemampuan – kemampuan lain yang bersinergis. Lebih lanjut, disampaikan pula, bahwa arus besar perubahan dunia seperti yang digambarkan dalam peta dunia pendidikan oleh Paul Ernest , mulai dari Inggris yaitu pada saat revolusi Inggris , sampai ke Amerika dengan adanya perang saudara dan konflik hitam putih., yang semuanya itu jelas – jelas merupakan kontemporer., dimana tokoh – tokohnya terkait dengan Pragmatisme dan Kapitalisme.
Pengaruh dunia post post modern sangatlah besar, tidak hanya di negara – negara barat akan tetapi sudah merambah ke dunia timur termasuk Indonesia. Beberapa pengaruh post post modern yang saat ini menggejala di dalam masyarakat kita dan perlu kita singkapi antara lain bahwa yang menjadi tren saat ini adalah yang tercepat dan yang terbaru, gengsi adalah yang utama karena setiap orang selalu berusaha menjaga dan mementingkan image dirinya masing – masing, harga diri dipinggirkan dan untuk meraih tujuan terkadang sampai melegalkan segala hal yang illegal, terutama yang berhubungan dengan uang.
Pengaruh post post modern tersebut tidak bisa kita hindari, karena kalau ditelusuri lebih dalam, pada dasarnya power now itu adalah diri kita sendiri, yaitu pada saat kita melakukan hal – hal yang tergambarkan dalam pengaruh post post modern diatas. Oleh karena itu, perlu adanya kemauan dan usaha dari dalam diri untuk mau dan mampu membangun pribadi yang lebih baik, yaitu pribadi yang berkarakter dan berakhlak yang berlandaskan spiritual. Bagaimana membangun karakter diri agar mampu bertahan dalam menghadapi pengaruh post post modern? Satu yang paling mendasar dan yang paling utama adalah dengan spiritual dan ikhlas, serta senatiasa berpikir kritis atas segala yang ada dan yang mungkin ada, yaitu dengan selalu melandasi diri dengan pikiran murni, sadar akan ruang dan waktu yang kita jalani saat ini, selalu berusaha memahami pola yang ada, berusaha dan harus mampu mengubah mindset kearah yang lebih baik, serta selalu membuat tesis dan anti tesis agar terjadi keseimbangan dalam dunia. Jadi kesimpulannya, dalam membangun karakter diri ditengah berkembangnya pengaruh post post modern , seperti yang disampaikan Prof. Marsigit dalam elegi – elegi beliau, adalah dengan berdoa dalam berpikir.

Referensi :
Materi perkuliahan Filsafat Ilmu oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A , tanggal 4 Maret 2014
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Arsip Blog

 
Created © 2009. Daisy Yani - All Rights Reserved
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA..HAVE A NICE DAY...^^